Resep Awet Sehat ala Jepun

Tanya kenapa negri jepun, selain kaya budaya juga kaya nominal penduduk yang awet sehat, bahkan tercatat berusia terpanjang di dunia! Mau tahu kenapa? Silahkan lanjutkan membaca…
Bersosialisasi dan tertawa
Bersosialisasi adalah kebutuhan mutlak bagi manusia. Penduduk Jepang, khususnya warga Okinawa. Dikenal handal dalam membentuk jaringan sosial antar warganya (moais). Bagi penduduk disana, menjalin persahabatan sama halnya dengan berbagi kebahagiaan dan berteman itu dianggap mewakili gaya hidup sehat. Kebiasaan lainya adalah menerapkan terapi “tertawa itu sehat”. Jadi, akan sulit sekali menemukan seorang penggerutu dalam kelompok moais ini. Apalagi setlah diteliti secara ilmiah, salah satunya oleh University of Maryland, tertawa itu ternyata dapat mengurangi rasa khawatir dan dianggap mampu menurunkan resiko serangan jantung.
Jalan kaki/bersepeda
Meski dikenal seantero dunia dengan industri otomotif raksasanya, namun tidak mengurangi niat penduduknya untuk tetap menjaga kesehatan dengan berjalan kaki atapun bersepeda. Bila hendak bepergian , asal jaraknya tidak terlalu jauh dan masih bisa ditempuh dengan jalan kaki, mereka tidak malas melakukanya. Tidak usah bertanya mengapa kondisi kesehatan tubuh mereka terjaga dengan baik. Berjalan kaki atau bersepeda mampu membakar kalori hingga menjamin kondisi kesehatan jantung jauh lebih baik. Itulah sebabnya mengapa usai melakukan kegiatan ini, wajah pelakunya terlihat menjadi lebih ceria. Tambahan lagi, aktivitas murah meriah ini juga ampuh mengurangi kemacetan dan polusi sekaligus hemat energi.
Minum Teh Hijau
Awalnya budaya minum teh disini hanya dikhususkan bagi kaum religius dan kalangan keluarga istana. Mengingat baik untuk kesehatan, maka kegiatan minum teh menjadi budaya, di kalangan tua ataupun muda. Terlebih lagi setelah diteliti secara ilmiah oleh University of Agriculture and Technology, teh hijau ternyata kaya akan kandungan antioksidan, dapat mencegah penuaan dini, mengurangi resiko radang perut, sampai mencegah serangan jantung dan kanker hati.
Aikido
Ternyata hampir setiap sekolah bahkan universitas mewajibkan siswa dan mahasiswanya untuk mengikuti seni bela diri. Salah satunya Aikido. Selain untuk meningkatkan kebugaran fisik, seni bela diri ini dianggap mampu menumbuhkan disiplin yang berujung dengan kondisi kesehatan mental.
Terapi Air Putih
Terapi minum air putih sudah tidak terdengar asing lagi. Selain menghindarkan diri dari dehidrasi dan berbagai penyakit, penelitian juga membuktikan bahwa mengkonsumsi air putih sehabis bangun pagi dapat membuat awet muda. Itulah sebabnya, terapi air putih begitu popoler di negara-negara maju. Dari penelitian ilmiah yang mereka lakukan, terapi air putih merupakan metoda pengobatan yang tidak memiliki efek samping. Dari hasil penelitian itu pula, beberapa penyakit seperti sakit kepala, epilepsi, kelebihan berat badan, asma, penyakit ginjal, diare sampai diabetes bisa disembuhkan.
Berendam
Saat musim dingin tiba, ada kebiasaan berendam masyarakat Jepang yang disebut onsen serta ofura. Terapi berendam ini tujuanya untuk menghangatkan tubuh sekaligus melancarkan peredaran darah, serta memberi rasa rileks setelah seharian bekerja. Untuk onsen, ritual berendam itu adanya hanya di sumber air hangat. Dan saat pengunjung berendam, siapapun tidak diperkenankan memakai busana sama sekali. Alasanya, untuk tidak mengundang virus yang bisa saja terbawa oleh pakaian saat berendam. Sementara ofuro (dulunya menggunakan kayu), kegiatan berendam ini dapat dilakukan dirumah seperti halnya menggunakan properti mandi.

Dikutip dari tabloid Aplaus dengan perubahan.

2 Response to "Resep Awet Sehat ala Jepun"

Anonim mengatakan...

masih banyak lagi bro..!
seperti yg saya baca di majalah NIPONNIA ada beberapa sample org tua tertua di jepang yg diwawancarai rahasia sehatnya
1. bekerja untuk motifasi hidup
2. selalu mencari alasan untuk tetap merasa penting bagi kehidupan
3. pola makan yang sehat
4. tidak membiarkan otak nganggur (pensiunan di sana tetap produktif meskipun mereka bekerja bukan untuk uang/ setelah pensiun ditanggung negara)
5. salah satunya ada yg bilang "tdk pernah berhenti mencintai wanita"
6. mengusahakan tubuh tetap bergerak

Hadi Fermana mengatakan...

Wah, dapet tambahan tips lagi ni, thanks buat tipsnya mas.., sehat selalu. Amin.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes