10 Tips How to Drink More Water


Banyak para ahli kesehatan berpendapat bahwa lebih banyak minum air akan membantu meningkatkan metabolisme dan memberikan banyak energi.

Tubuh membutuhkan air untuk membentuk darah, cairan getah bening, mencegah peradangan, mengatur suhu tubuh dan (sistem ekskresi). Tanpa air yang tercukupi, proses tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Berikut tips agar Anda dapat mencukupi kebutuhan akan air sehari-hari.

1. Jadikan ritual pagi. Ketika kita bangun tidur, pasti akan merasa haus. Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan aktivitas lain yaitu meminum dua gelas air. Jadikan sebagai rutinitas sehingga Anda terbiasa untuk minum lebih banyak air setiap harinya.

2. Minum lebih banyak saat Anda berolahraga, aktif secara fisik dan sedang menghadapi cuaca dan suhu udara lebih panas.

3. Minum lebih banyak juga jika Anda sedang diet protein tinggi, diet serat tinggi, menderita diare/muntaber dan dalam masa penyembuhan luka bakar.

4. Pilih air mineral yang rendah sodium (kurang dari 30 mg/ 100 ml) karena kandungan garam membuat retensi urin, kembung dan bahkan meningkatakan tekanan darah.

5. Jadikan warna urin sebagai indikasi. Ketika urin Anda jernih artinya tubuh Anda akan mendapatkan air dalam jumlah cukup. Ketika urin bewarna kuning gelap mengindikasikan bahwa Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Segera konsumsi air yang cukup.

6. Minum akan membuat Anda merasa kenyang. Banyak orang yang salah mengartikan haus dengan lapar. Meminum 1-2 gelas gelas air akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan menunda lapar.

7. Konsumsi lebih banyak air ketika minum kopi dan teh. Minum kopi dan teh dalam jumlah cukup banyak dapat menyebabkan efek diuretik yaitu melancarkan pembuangan air dari tubuh melalui urin. Karenanya konsumsilah lebih banyak air putih/mineral.

8. Meski disarankan minum minimal 8 gelas air sehari, bisakan minum secara bertahap daripada sekali minum dalam jumlah banyak. Mulailah dengan dua gelas di pagi hari, saat beraktivitas, saat makan siang, sore, makan malam dan sebelum tidur.

9. Selalu sediakan minimal segelas di dekat Anda bekerja. Para pekerja kantoran yang banyak duduk seringkali melupakan konsumsi air secara regular. Minum segelas air akan memperlancar peredaran darah ke otak sehingga membantu memberikan inspirasi dan kesegaran saat bekerja atau saat bertukar pikiran.

10. Tambahkan lemon. Anda bisa menambahkan sari lemon kedalam air, apabila Anda menginginkan rasa yang berbeda, sehingga dapat meminum air lebih banyak.

No Response to "10 Tips How to Drink More Water"

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes